Ringkasan Adalah? Pengertian, Ciri-Ciri, Tujuan Serta Langkah Pembuatan

Ringkasan Adalah Pengertian, Ciri-Ciri, Tujuan Serta Langkah Pembuatan

Ringkasan adalah penulisan karangan atau tulisan panjang dalam bentuk yang lebih singkat agar mudah dibaca dan dipahami. Ringkasan juga dapat diartikan sebagai tulisan singkat yang isinya bisa menjangkau seluruh isi dari karangan atau bacaan.

Pada umumnya, ringkasan biasa ditemui pada buku, artikel, ataupun tiap-tiap bab dalam karya tulis. Dalam pembuatan ringkasan, penulis harus mempertahankan gagasan atau pikiran asli dari karangan yang dibuat.

Ciri-Ciri Ringkasan Adalah?

Ciri-Ciri Ringkasan Adalah

Ringkasan adalah tulisan singkat dan efektif yang harus mengantongi seluruh isi dari bacaan atau karangan yang dibuat. Agar lebih mudah dalam pemahamannya, berikut ialah ciri-ciri yang dimiliki oleh rangkuman:

  • Mengungkapkan kembali suatu karangan dalam bentuk yang lebih singkat dan padat. Dalam pembuatannya, penulis hanya mengambil garis besar atau intisarinya saja sehingga hasil akhirnya berupa tulisan yang padat.
  • Memproduksi kembali tulisan secara singkat dengan menggunakan bahasa yang mudah untuk dipahami. Dalam hal ini penulis mengambil intisari atau garis besar dari tulisan dan mengembangkannya dengan bahasa sendiri.
  • Mempertahankan ide-ide pokok dan gagasan ketika menyusun ringkasan secara kronologis.
  • Susunan tulisan, sudut pandang dan isinya harus sesuai dengan karangan asli
  • Menggunakan kalimat-kalimat yang pendek dan singkat atau tidak terlalu berbelit-belit.

Selain memperhatikan keempat ciri-ciri diatas, penulis juga harus menerapkan langkah-langkah yang tepat dalam penulisan ringkasan agar hasil yang diperoleh nantinya bisa maksimal.

Tujuan Pembuatan Ringkasan

Tujuan Pembuatan Ringkasan

Ringkasan adalah karangan singkat yang bertujuan untuk membuat seseorang lebih mudah untuk memahami dan mengetahui isi gagasan. Melalui ringkasan, nantinya pembaca akan lebih cepat memahami maksud dan isi dari suatu tulisan atau karangan.

BACA JUGA  Proposal Adalah: Pengertian, Jenis, dan Struktur Pembuatannya

Dengan begitu, ringkasan dibuat tidak lain untuk menghemat waktu pembaca dibandingkan harus membaca karangan secara utuh.

Langkah Membuat Ringkasan

Langkah Membuat Ringkasan

Di bawah ini ialah beberapa langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membuat ringkasan yang baik.

1. Membaca Naskah Asli

Langkah pertama yang harus diterapkan dalam pembuatan ringkasan ialah membaca secara utuh naskah asli dari awal sampai akhir, baik itu karangan, buku ataupun sub bab dalam suatu buku.

Untuk hasil yang lebih maksimal, penulis bisa membaca naskah secara berulang agar sudut pandang pengarang ataupun maksud dan tujuan pengarang dalam tulisan tersebut bisa diperoleh.

2. Mencatat Gagasan Utama atau Ide Pokok

Setelah membaca seluruh naskah asli, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan ialah mencatat atau menggaris bawahi ide pokok dalam setiap paragraf. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena bisa digunakan dalam langkah selanjutnya.

3. Menyusun Ringkasan Berdasarkan Gagasan Utama

Setelah menemukan beberapa gagasan utama dalam bacaan, maka penulis bisa mengembangkannya ke dalam bentuk paragraf. Dalam hal ini, penggunaan bahasa yang singkat dan efektif harus benar-benar diperhatikan.

Selain itu, pengembangan ide pokok dalam paragraf juga jangan sampai melenceng terlalu jauh dari bacaan aslinya.

Itulah 3 langkah yang harus dilakukan ketika ingin membuat suatu ringkasan dari bacaan, buku ataupun karangan lainnya. Dalam hal ini, semakin tinggi tingkat pemahaman terhadap suatu bacaan maka besar kemungkinan semakin mudah pula ringkasan dibuat.

Ketentuan Tambahan dalam Pembuatan Ringkasan

Ketentuan Tambahan dalam Pembuatan Ringkasan

Selain beberapa langkah di atas, terdapat beberapa ketentuan tambahan yang bisa diterapkan ketika membuat suatu ringkasan. Berikut ialah beberapa diantaranya:

  • Ditulis menggunakan kalimat tunggal dan hindari penggunaan kalimat majemuk
  • Buatlah kalimat menjadi suatu frasa dan ubahlah frasa tersebut menjadi kata yang singkat dan padat
  • Banyaknya ringkasan tergantung pada jumlah alenia dan topik utama yang akan dibuat
  • Mempertahankan urutan gagasan asli naskah atau bacaan yang dibuat
BACA JUGA  4 Rumah Adat Terkenal di Indonesia dengan Bangunan Penuh Makna

Dengan memperhatikan langkah-langkah pembuatan ringkasan beserta ketentuan tambahan diatas, besar kemungkinan ringkasan yang dihasilkan akan semakin baik dan berkualitas.

Mengingat tujuan utama ringkasan adalah mengubah penyajian bacaan dalam bentuk yang lebih singkat dan padat.

You May Also Like

About the Author: administrator