Cara Edit Size Canvas Di Illustrator

Cara Edit Size Canvas Di Illustrator
Cara Edit Size Canvas Di Illustrator

Apa Itu Canvas di Adobe Illustrator?

Canvas adalah ruang kerja utama di Adobe Illustrator dimana kamu dapat melakukan berbagai manipulasi gambar. Di dalamnya, kamu dapat menggambar, menggabungkan berbagai objek, menyusun objek, dan mengedit objek yang telah dibuat. Canvas juga menyimpan informasi tentang ukuran dokumen, warnanya, dan lain-lain. Dengan demikian, sebelum kamu memulai menggambar, perlu untuk mengatur ukuran Canvas agar sesuai dengan kebutuhan gambar yang akan kamu buat.

Mengapa Perlu Edit Ukuran Canvas di Illustrator?

Edit ukuran Canvas di Illustrator sangat penting karena dapat menyesuaikan ukuran gambar yang akan kamu buat. Dengan mengubah ukuran Canvas, kamu bisa menyesuaikan ukuran gambar yang akan kamu buat dengan ukuran yang kamu inginkan. Dengan demikian, kamu dapat menghasilkan gambar yang sesuai dengan kebutuhan gambar yang akan kamu buat.

Cara Edit Size Canvas di Illustrator

Proses mengedit ukuran Canvas di Illustrator cukup mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka dokumen yang akan diedit ukurannya di Adobe Illustrator.
  • Klik menu File > Document Setup atau klik kanan di Canvas dan pilih Document Setup.
  • Di jendela Document Setup, kamu dapat mengubah ukuran dokumen, seperti ukuran lebar, tinggi, orientasi, dan lain-lain.
  • Ketik ukuran yang diinginkan di kolom lebar dan tinggi, lalu klik OK.

Metode Lain Mengedit Ukuran Canvas di Illustrator

Ada beberapa metode lain yang dapat kamu gunakan untuk mengedit ukuran Canvas di Illustrator. Berikut adalah metode lainnya:

  • Mengedit ukuran dokumen dengan menggunakan Transform Panel. Pada Transform Panel, kamu dapat mengubah ukuran dokumen dengan menggeser kotak Scale, atau menggunakan presisi dengan menggeser kotak Width dan Height.
  • Mengedit ukuran dokumen dengan menggunakan Fit Artboard To Content. Fit Artboard To Content adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk menyesuaikan ukuran dokumen dengan isi dokumen yang telah dibuat.
  • Mengedit ukuran dokumen dengan menggunakan Fit Artboard To Selected Art. Fit Artboard To Selected Art adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk menyesuaikan ukuran dokumen dengan objek yang telah dipilih.
BACA JUGA  Bagaimana Cara Ganti Background Foto Di Canva

Kesimpulan

Mengedit ukuran Canvas di Adobe Illustrator adalah hal yang penting untuk menyesuaikan ukuran gambar yang akan kamu buat. Ada beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk mengedit ukuran Canvas di Illustrator, seperti menggunakan Document Setup, Transform Panel, Fit Artboard To Content, dan Fit Artboard To Selected Art. Dengan demikian, kamu dapat menghasilkan gambar yang sesuai dengan kebutuhan gambar yang akan kamu buat.

You May Also Like

About the Author: administrator