Apa Itu Hak? Simak Pengertian Beserta Jenis-jenisnya

Apa Itu Hak Simak Pengertian Beserta Jenis-jenisnya

Apa itu hak? Secara umum hak adalah peluang yang dimiliki oleh setiap individu untuk melakukan, mendapatkan atau memiliki sesuatu yang diinginkan. Hak juga bisa diartikan sebagai batas seorang individu dalam tindakan yang boleh atau tidak boleh dilakukan.

Hak memiliki posisi yang cukup penting dalam berbagai aspek kehidupan manusia, mulai dari aspek individu ataupun aspek hidup berkelompok dan beradaptasi dengan lingkungan di sekitarnya.

Apa Itu Hak Menurut KBBI?

Apa Itu Hak Menurut KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, hak diartikan sebagai bentuk dari suatu kewenangan atau kekuasaan individu untuk berbuat sesuatu berdasarkan undang-undang.

Hak juga berarti sebagai perangkat universal yang berlaku untuk semua orang tidak memandang perbedaan dari sudut pandang apapun seperti jenis kelamin, agama, warna kulit, kelompok, budaya, kasta dan masih banyak lagi.

Apa Itu Hak Menurut Pandangan Para Ahli?

Apa Itu Hak Menurut Pandangan Para Ahli

Berikut pengertian hak menurut beberapa ahli yang sejauh ini kerap dijumpai dalam buku pelajaran ataupun materi sekolah:

1. Pengertian Hak Menurut Soerjono Soekanto

Soerjono Soekanto membagi hak menjadi dua bagian yakni hak relatif dan hak absolut. Hak relatif atau hak searah merupakan hak yang terbentuk dari perjanjian atau ikatan hukum.

Sedangkan hak absolut berarti sebagai hak yang memiliki arah dan berwujud layaknya hak yang diatur dalam hukum dan undang-undang negara.

BACA JUGA  3 ons berapa gram

2. Pengertian Hak Menurut Prof. Notonegoro

Menurut Prof. Notonegoro hak diartikan sebagai kuasa atau kemampuan seorang individu untuk melakukan kegiatan seperti menerima, memiliki dan melakukan sesuatu yang semestinya dimiliki oleh setiap individu.

3. Pengertian hak Menurut Prof. Sukamto Notonagoro

Prof. Sukamto Notonagoro mendefinisikan hak sebagai sebuah wewenang dimana seorang individu bisa menerima atau melakukan sesuatu yang semestinya dilakukan.

Itulah 3 contoh pengertian hak menurut para ahli yang sejauh ini banyak ditemui dalam materi-materi sekolah ataupun buku pelajaran.

Macam-Macam Hak Secara Umum

Macam-Macam Hak Secara Umum

Secara umum, hak dibedakan menjadi beberapa macam seperti misalnya hak legal dan moral yang didasarkan pada bentuk hukum dan peraturan etis. Selanjutnya ada hak positif negatif sebagai hak untuk menentukan boleh atau tidaknya melakukan sesuatu terhadap seseorang.

Selain itu, terdapat pula hak umum atau kerap disebut sebagai hak asasi manusia (HAM) yang dimiliki secara universal oleh semua manusia ataupun hak khusus yang mengatur relasi khusus antar manusia karena menjalankan fungsi tertentu.

Macam-Macam Hak dalam Kehidupan Sehari-hari

Macam-Macam Hak dalam Kehidupan Sehari-hari

Di bawah ini ialah macam-macam hak yang dimiliki oleh setiap warga negara dalam berbagai aspek kehidupan, baik itu keluarga, pendidikan ataupun masyarakat.

● Hak di Lingkungan Keluarga

Dalam lingkungan keluarga, setiap individu juga memiliki hak untuk memperoleh kasih sayang antar sesama anggota keluarga.

Selain itu, setiap individu dalam keluarga juga berhak untuk mendapatkan sandang, pangan, papan serta pendidikan yang baik.

● Hak dalam Satuan Pendidikan

Dalam lingkungan pendidikan, setiap individu juga berhak untuk memperoleh pendidikan dan ilmu pengetahuan yang berasal dari materi pembelajaran.

Selain itu, setiap individu dalam lingkungan sekolah juga berhak untuk berteman dengan siapa saja, memperoleh kesempatan yang sama untuk berkreasi dan berkembang serta hak untuk memperoleh rasa aman dan nyaman selama menempuh pendidikan.

BACA JUGA  Soal dan pembahasan UM UGM - Sosiologi

● Hak dalam Lingkungan Masyarakat

Dalam kehidupan bermasyarakat, setiap individu memiliki hak untuk mendapatkan tempat tinggal yang dan penghidupan yang layak, mendapatkan fasilitas umum yang memadai, perlindungan serta perlakuan yang sama sesuai dengan hukum dan undang-undang.

Itulah beberapa hak yang dimiliki oleh setiap individu dalam kehidupan keluarga, pendidikan maupun bermasyarakat.

Berdasarkan informasi di atas, tidak hanya diketahui mengenai apa itu hak secara umum, melainkan juga pengertian hak dari pandangan para ahli beserta macam-macam hak dalam kehidupan.

You May Also Like

About the Author: administrator